Selasa, 10 Mei 2011

BAKSO RAMBUTAN

naH YANG INI aku bikin karna bosen ngeliat ayam kok digoreng, opor or soup biasa ... so ternyata ada stock Jamur kuping lumayan banyak ... hehehe akhirnya aku bikin deh Bakso Rambutan ,... komposisinya cukup dgn ayam , jamur kuping , Soun n bimsalabim jadilah ... YUmmy bakso ... hihihi sory u/ kuah karena fotonya brurr jd malu mau tayang ..sO ini aku bagi resepnya ya


BAKSO RAMBUTAN


Bahan:
1. 0,5 kg fillet dada ayam, cincang halus
2. 0,25 kg  udang, cincang halus
3. sebungkus  soun, rendam air panas hingga lunak, potong2 kecil
4. 5 kuntum jamur kuping, rendam hingga mekar, iris2 kecil
5. 2 sdm wortel cincang
6. 50 gr tapioka / t. sagu
7. 2 sdt bawang putih bubuk
8. 1 sdt merica bubuk
9. 1 sdt garam ( at aku pake maggi blok 3 )
10. 1 sdt gula
11. 1 sdt minyak wijen
12. 1 sdt saos tiram

Kuah rebusan:
1. 2 L air
2. 0,25 kg  sayap ayam ( at ceker ayam )
3. 2 siung bawang putih, geprek
4. ½ siung bawang Bombay, utuh
5. garam

Cara membuat:
1. Dalam wadah campur semua bahan kecuali air. Aduk hingga rata (aku pake garpu aja).
2. Masak kuah rebusan hingga mendidih, lalu kecilkan apinya.
3. Gunakan 2 sendok kecil untuk membentuk bulatan lalu masukkan dalam air rebusan, lakukan hingga tuntas.
4. Angkat bakso yg sudah mengapung lama, tiriskan.
5. Air rebusan bisa dijadikan kuah bakso dengan menambahkan merica bubuk dan gula, lalu beri taburan seledri dan daun bawang cincang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar